Pembelajaran Aktivitas Air melalui Renang Gaya Dada

https://pjok.guruindonesia.id---Manusia sudah dapat berenang sejak zaman prasejarah. Bukti tertua mengenai berenang adalah lukisan-lukisan tentang perenang dari Zaman Batu telah ditemukan di ³gua perenang´ yang berdekatan dengan Wadi Sora di Gilf Kebir, Mesir Barat Daya. Catatan tertua mengenai berenang berasal dari SM. Beberapa di antara dokumen tertua yang menyebut tentang berenang adalah Epos Gilgamesh, Iliad, 2dyssey, dan Alkitab (Kitab Yehezkiel , Kisah Para Rasul , Kitab <esaya , serta Beowulf dan hikayat-hikayat lain. Pada 1538, 1ikolaus Wynmann seorang profesor bahasa dari Jerman menulis buku mengenai renang yang pertama, Perenang atau Dialog mengenai Seni Berenang (Der Schwimmer oder ein Zwiegespräch über die Schwimmkunst .

Perlombaan renang di Eropa dimulai sekitar tahun 1800 setelah dibangunnya kolam-kolam renang. Saat itu, sebagian besar peserta berenang dengan gaya dada. Pada , John Arthur Trudgen memperkenalkan gaya rangkak depan atau disebut gaya trudgen dalam perlombaan renang di dunia Barat. Trudgen menirunya dari teknik renang gaya bebas suku Indian di Amerika Selatan. Renang merupakan salah satu cabang olahraga dalam Olimpiade Athena 1896. Pada tahun 1900, gaya punggung dimasukkan sebagai nomor baru renang 2limpiade. Persatuan renang dunia, Federation Internationale de Natation (FI1A dibentuk pada 1908. Gaya kupu-kupu yang pada awalnya merupakan salah satu variasi gaya dada diterima sebagai suatu gaya tersendiri pada tahun 1952.

Aktivitas Air melalui Renang Gaya Dada
Gaya dada merupakan gaya berenang paling populer untuk renang rekreasi. Posisi tubuh stabil dan kepala dapat berada di luar air dalam waktu yang lama. Gaya dada atau gaya katak adalah berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air, namun berbeda dari gaya bebas, batang tubuh selalu dalam keadaan tetap. Kedua belah kaki menendang ke arah luar sementara kedua belah tangan diluruskan di depan. Kedua belah tangan dibuka ke samping seperti gerakan membelah air agar badan maju lebih cepat ke depan. Gerakan tubuh meniru gerakan katak sedang berenang sehingga disebut gaya katak. Pernapasan dilakukan ketika mulut berada di permukaan air, setelah satu kali gerakan tangan-kaki atau dua kali gerakan tangan- kaki.

Dalam pelajaran berenang, perenang pemula belajar gaya dada atau gaya bebas. Di antara ketiga nomor renang resmi yang diatur Federasi Renang Internasional, renang gaya dada adalah gaya yang paling lambat. Berikut prinsip dasar pembelajaran gerakan renang gaya dada .

A. Gerak Spesifikasi Kaki Renang Gaya Dada
1. Aktivitas Gerakan Kaki Berpegangan Pada Pant Kolam/Pinggir Kolam
Tahapan Pembelajaran
( Persiapan kedua lengan berpegangan pada parit kolam, badan, lengan dan kedua kaki lurus, hingga posisi badan terapung di atas permukaan air.
( Gerakan: dimulai dengan mengangkat tumit dan menarik bersama-sama ke arah pinggul (pantat , putar pergelangan kaki ke atas hingga telapak kaki menghadap belakang, tendangan kedua kaki ke belakang (dorong ke belakang di bawah permukaan air “ cm hingga lurus dan rapat.
( Akhir gerakan badan, kedua lengan dan kaki lurus, pandangan ke depan. ( Fokus perhatian pada gerakan kaki. (Lihat Gambar . .
Gambar . Gerakan kaki berpegangan pada pant kolam pinggir kolam.

2. Aktivitas Gerakan Kaki Renang Gaya Dada, Kedua Lengan Dipegang
Teman
Tahapan Pembelajaran
( P e r s i a p a n : kedua lengan b e r p e g a n g a n pada teman yang membantu, badan, lengan dan kedua kaki lurus,hingga posisi badan terapung di atas permukaan air.
Gambar 8.2 Gerakan kaki renang gaya dada, kedua lengan dipegang teman.

( Gerakan: dimulai dengan mengangkat tumit dan menarik bersama-sama ke arah pinggul (pantat , putar pergelangan kaki ke atas hingga telapak kaki menghadap belakang, tendangan kedua kaki ke belakang (dorong ke belakang di bawah permukaan air “ cm hingga lurus dan rapat,
( Akhir gerakan badan, kedua lengan dan kaki lurus, pandangan ke depan, ( Fokus perhatian pada gerakan kaki. (Lihat Gambar . .
3. Aktivitas Gerakan Kaki Renang Gaya Dada, Kedua Lengan Memegang
Papan Pelampung
Tahapan Pembelajaran
( Persiapan: kedua lengan berpegangan pada teman yang membantu, badan, lengan dan kedua kaki lurus, hingga posisi badan terapung di atas permukaan air,
Gambar 8.3 Gerakan kaki renang gaya dada, kedua lengan memegang papan pelampung

( Gerakan: dimulai dengan mengangkat tumit dan menarik bersama-sama ke arah pinggul (pantat , putar pergelangan kaki ke atas hingga telapak kaki menghadap belakang, tendangan kedua kaki ke belakang (dorong ke belakang di bawah permukaan air “ cm hingga lurus dan rapat,
( Akhir gerakan badan, kedua lengan dan kaki lurus, pandangan ke depan. (Lihat Gambar . .
4. Aktivitas Gerakan Kaki, Kedua Lengan Lurus dan Rapat Ke Depan
Gambar . Gerakan kaki, kedua lengan lurus dan rapat ke depan.

Tahapan Pembelajaran
( Persiapan berdiri pada kolam dang-kal pinggir kolam, kedua lengan lurus ke depan dan rapat, luruskan kedua kaki ke belakang, hingga badan terapung di atas permukaan air,
( Gerakan: dimulai dengan mengangkat tumit dan menarik bersama-sama ke arah pinggul (pantat , putar pergelangan kaki ke atas hingga telapak kaki menghadap belakang, tendangan kedua kaki ke belakang (dorong ke belakang di bawah permukaan air “ cm hingga lurus dan rapat,
( Akhir gerakan badan, kedua lengan dan kaki lurus, pandangan ke depan, ( Fokus perhatian pada gerakan kaki. (Lihat Gambar . .
B. Gerak Spesifik Lengan Renang Gaya Dada
1. Aktivitas Gerakan Tangan, Kedua Kaki Dipegang Teman
Tahapan Pembelajaran
( Persiapan: berdiri pada kolam dangkal pinggir kolam, kedua lengan lurus ke depan dan rapat, luruskan kedua kaki ke belakang dipegang teman, hingga badan terapung di atas permukaan air.
Gambar . Gerakan tangan, kedua kaki dipegang teman.

( Gerakan gerak tangan, dimulai dengan gerak menggapai kedua lengan ke depan di bawah air “ ± cm, telapak tangan menekan ke luar arah bawah dan belakang, kedua sikut ditekuk ke arah dalam, hingga tangan secara bersama-sama memutar dan menekan di depan dagu dan luncurkan kembali kedua lengan ke depan secara bersama-sama.
( Akhir gerakan kedua lengan lurus ke depan, pandangan terpusat pada tangan, hingga batas air berada pada alis mata. ( Fokus perhatian pada gerakan tangan. (Lihat Gambar . .
2. Aktivitas Gerakan Tangan, Kedua Paha Menjepit Papan Pelampung
Gambar 8.6 Gerakan tangan, kedua paha menjepit papan pelampung.

Tahapan Pembelajaran
( Persiapan berdiri pada kolam dangkal, di pinggir kolam, kedua paha menjepit papan pelampung, luruskan kedua lengan ke depan dan kedua kaki ke belakang hingga badan terapung di atas permukaan air,
( Gerakan gerak tangan, dimulai dengan menggapai kedua lengan ke depan di bawah air “ ± cm, telapak tangan menekan ke luar arah bawah dan belakang, kedua sikut ditekuk ke arah dalam, hingga tangan secara bersama-sama memutar dan menekan di depan dagu dan luncurkan kembali kedualengan ke depan secara bersama-sama,
( Akhir gerakan kedua lengan lurus ke depan, pandangan terpusat pada tangan, hingga batas air berada pada alis mata, ( Fokus perhatian pada gerakan tangan. (Lihat Gambar . .
C. Gerak Spesifik Pernafasan Renang Gaya Dada
1. Aktivitas Gerakan Pernafasan, Kedua Tangan Berpegangan Papan Pelampung
Gambar . Gerakan pernafasan, kedua tangan berpegangan papan pelampung.

Tahapan Pembelajaran
( Persiapan berdiri pada kolam dangkal, kedua tangan memegang papan pelampung, luruskan kedua kaki ke belakang hingga badan terapung di atas air, pandangan ke depan,
( Gerakan: pada saat kedua kaki ditarik mendekati pinggul angkat leher untuk mengambil nafas, pada saat kedua kaki melakukan dorongan ke belakang masukan kepala ke dalam air dan buang nafas dari mulut,( Fokus perhatian pada gerakan tangan. (lihat Gambar .
2. Aktivitas Gerakan Pernafasan Kedua Paha Menjepit Papan Pelampung
Gambar . Gerakan tangan, kedua paha menjepit papan pelampung.

Tahapan Pembelajaran
( Persiapan berdiri pada kolam dangkal, kedua lengan lurus ke depan, kedua kaki paha menjepit papan pelampung, hingga badan terapung di atas air, pandangan ke depan,
( Gerakan: lakukan pengambilan udara melalui mulut saat kedua tangan me- lakukan putaran penuh depan dada, masukkan kembali kepala saat kedua lengan akan meluncur ke depan, dan hembuskan udara dari mulut dalam air,
( Fokus perhatian pada gerakan tangan. (Lihat Gambar . .
D. Koordinasi Gerak Spesifikasi Renang Gaya Dada
Aktivitas Koordinasi Renang Gaya Dada (lihat Gambar .
Gambar 8.9 Koordinasi renang gaya dada.

( Posisi awal badan telungkup, kedua lengan lurus. pandangan ke depan,kedua kaki lurus ke belakang.
( Gerakan Kedua Lengan Mulai Membuka Ke Samping Dan Kedua Kaki Bergerak Mendekat Pinggul, Gerakan Membuka Tangan Dilanjutkan Siku Membentuk Sudut Di Bawah Tubuh, Dan Kedua Kaki Bergerak Mendekati Pinggul, Pada Saat Kedua Tangan Menekan Ke Bawah Permukaan Air Dengan Cepat Ambil 1afas, Setelah Kedua Lengan Mengakhiri Putaran Di Bawah Dagu, Dorong Badan Ke Depan Lurus Dan Buang 1afas Di Bawah Permukaan Air Bersamaan Kedua Kaki Mendorong Ke Belakang,
( Akhir Gerakan Kedua Lengan Lurus Ke Depan, Kedua Kaki Rapat, Pandangan Ke Depan, Batas Air Pada Alis Mata,
( Fokus perhatian pada gerakan tangan.
Dalam pembelajaran dapat dilakukan pemberian skor, baik yang dilakukan sesama teman ( peer teaching atau diri sendiri (self assessment , dengan aspek yang diamati sebagai berikut:
( Bekerja sama saat belajar kebugaran
( Dapat melakukan posisi awal gerak langkah biasa, ( Dapat melakukan gerak langkah biasa,
( Dapat melakukan gerak akhir langkah biasa,
( Dapat melakukan gerakan ayunan satu lengan, ( Bertanggung jawab.
Kriterianya adalah
(a selalu, apabila selalu melakukan sesuai gerakan.
(b sering, apabila sering melakukan sesuai gerakan dan kadang-kadang tidak melakukan.
(c kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan.
(d tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Demikian lah artikel tentang Pembelajaran Aktivitas Air melalui Renang Gaya Dada,semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan anda.Sekian Terimakasih.

0 Response to "Pembelajaran Aktivitas Air melalui Renang Gaya Dada"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel