Pembelajaran Atletik melalui Aktivitas Lompat Jauh

Pembelajaran Atletik melalui Aktivitas Lompat Jauh
pjok.guruindonesia.id---Berikut adalah artikel tentang Pembelajaran Atletik melalui Aktivitas Lompat Jauh,anda dapat membaca nya secara jelas,dengan membaca artikel ini di harap kan anda dapat memahami Pembelajaran Atletik melalui Aktivitas Lompat Jauh,berikut ringkasan nya.

A. Gerak spesifik Lompat Jauh
1. Gerak Spesifik Awalan
Dilakukan dengan lari secepat-cepatnya ke arah papan tumpuan, tidak mengubah kecepatan dan langkah saat akan bertumpu pada papan tumpuan.

Gambar 3.20 Lari secepat-cepatnya ke arah papan tumpuan
Tahapan Pembelajaran
(1) Amati contoh peragaan aktivitas gerakan oleh guru dan lihat Gambar 3.20. (2) Lakukan seperti contoh peragaan.
(3) Rasakan saat melakukan gerakan tersebut, bandingkan gerakan yang kamu lakukan dengan contoh aktivitas gerakan oleh guru.
(4) Gerakan mana yang mudah kamu lakukan?
(5) Fokus perhatian pada kaki tumpu menginjak papan tumpuan.
2. Gerak Spesifik TolakanSaat kaki tumpu menolak pada papan tumpuan, posisi badan lebih ditegakkan, urutan tumpuan kaki menolak pada papan tumpuan, mulai dari tumit, telapak kaki diteruskan pada ujung telapak kaki, gerak mengayun kaki belakang ke depan atas bersamaan dengan kedua lengan diayun ke depan atas.
Tahapan Pembelajaran
(1) Amati contoh peragaan aktivitas gerakan oleh guru dan lihat Gambar 3.21. 
(2) Lakukan seperti contoh peragaan.
(3) Rasakan saat melakukan gerakan tersebut, bandingkan gerakan yang kamu lakukan dengan contoh aktivitas gerakan oleh guru.
(4) Gerakan mana yang mudah kamu lakukan?
(5) Fokus perhatian pada gerak menolak ke atas.
Gambar 3.21 Gerak spesifik tolakan
3. Gerak Spesifik Saat di 8daraBadan melenting ke belakang, kedua lengan lurus ke atas di samping telinga, kedua kaki hampir rapat di belakang badan.
Gambar . Gerak spesifik saat di udara
Tahapan Pembelajaran
(1) Amati contoh peragaan aktivitas gerakan oleh guru dan lihat Gambar 3.22. (2) Lakukan seperti contoh peragaan.
(3) Rasakan saat melakukan gerakan tersebut, bandingkan gerakan yang kamu lakukan dengan contoh aktivitas gerakan oleh guru.
(4) Gerakan mana yang mudah kamu lakukan?
(5) Fokus perhatian pada gerak melinting di udara.
4. Gerak Spesifik MendaratDari sikap di udara, kedua lengan diluruskan ke depan, kedua lutut dan badan dibawa ke depan, saat kedua kaki akan menyentuh tempat pendaratan, luruskan ke depan dan mendarat dengan kedua tumit terlebih dahulu, saat kedua kaki mendarat kedua lutut mengeper dan berat badan dibawa ke depan.

Gambar 3.23 Gerak spesifik mendarat
Tahapan Pembelajaran
(1) Amati contoh peragaan aktivitas gerakan oleh guru dan lihat Gambar 3.23. 
(2) Lakukan seperti contoh peragaan.
(3) Rasakan saat melakukan gerakan tersebut, bandingkan gerakan yang kamu lakukan dengan contoh aktivitas gerakan oleh guru.
(4) Gerakan mana yang mudah kamu lakukan?
(5) Fokus perhatian pada pendaratan dengan kedua kaki dan lutut mengeper.
B. Variasi dan Kombinasi Aktivitas Gerak Spesifik Lompat JauhAkhir dari pembelajaran variasi dan kombinasi gerak spesifik ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, penanaman nilai disiplin, menghargai perbedaan, dan tanggung jawab. Berikut bentuk pembelajarannya :
1. Aktivitas Pembelajaran Awalan Melangkah Mundur 4, , atau 1 Langkah dan Melangkah Kembali ke Depan ke Arah Papan Tumpuan, +ingga Kaki Tumpu Tepat Menginjak Papan Tumpuan

Gambar 3.24 Fokuskan perhatian pada irama langkah
Tahapan Pembelajaran
(1) Amati contoh peragaan aktivitas gerakan oleh guru dan lihat Gambar 3.24. 
(2) Lakukan seperti contoh peragaan.
(3) Rasakan saat melakukan gerakan tersebut, bandingkan gerakan yang kamu lakukan dengan contoh aktivitas gerakan oleh guru.
(4) Gerakan mana yang mudah kamu lakukan? 
(5) Fokuskan perhatian pada irama langkah.
2. Aktivitas Pembelajaran Awalan Lari melalui Tanda yang Dibuat pada Lintasan, untuk Mengatur Irama Lari dan Melangkah, +ingga Kaki Tumpuan Tepat Mendarat Pada Papan Tumpuan


Gambar 3.25 Fokuskan perhatian pada irama langkah
Tahapan Pembelajaran
(1) Amati contoh peragaan aktivitas gerakan oleh guru dan lihat Gambar 3.25. 
(2) Lakukan seperti contoh perag aan.
(3) Rasakan saat melakukan gerakan tersebut, bandingkan gerakan yang kamu lakukan dengan contoh aktivitas gerakan oleh guru.
(4) Gerakan mana yang mudah kamu lakukan?
(5) Fokuskan perhatian pada irama langkah.
3. Aktivitas Pembelajaran Menolak Melewati Atas Boks

Gambar 3.26 Menolak melewati atas boks
Tahapan Pembelajaran
(1) Amati contoh peragaan aktivitas gerakan oleh guru dan lihat Gambar 3.26. 
(2) Lakukan seperti contoh perag aan.
(3) Rasakan saat melakukan gerakan tersebut, bandingkan gerakan yang kamu lakukan dengan contoh aktivitas gerakan oleh guru.
(4) Gerakan mana yang mudah kamu lakukan? 
(5) Fokuskan perhatian pada irama langkah.
4. Aktivitas Pembelajaran Gerak Langkah Menolak melalui Atas Bangku-
Bangku Panjang yang Dipasang Melintang


Gambar 3.27 Gerak langkah menolak melalui atas bangku-bangku panjang yang dipasang melintang
Tahapan Pembelajaran
(1) Amati contoh peragaan aktivitas gerakan oleh guru dan lihat Gambar 3.27. 
(2) Lakukan seperti contoh perag aan.
(3) Rasakan saat melakukan gerakan tersebut, bandingkan gerakan yang kamu lakukan dengan contoh aktivitas gerakan oleh guru.
(4) Gerakan mana yang mudah kamu lakukan? 
(5) Fokuskan perhatian pada irama langkah.
5. Aktivitas Pembelajaran Gerak Melenting di Udara dari Atas Box Senam dan Mendarat pada Matras/Bak Lompat

Gambar 3.28 Gerak melenting di udara dari atas box senam dan mendarat pada matras/ bak lompat
Tahapan Pembelajaran
(1) Amati contoh peragaan aktivitas gerakan oleh guru dan lihat Gambar 3.28. 
(2) Lakukan seperti contoh perag aan.
(3) Rasakan saat melakukan gerakan tersebut, bandingkan gerakan yang kamu lakukan dengan contoh aktivitas gerakan oleh guru.
(4) Gerakan mana yang mudah kamu lakukan?
(5) Fokuskan perhatian pada sikap di udara dan mendarat.
6. Aktivitas Pembelajaran Gerak Rangkai Gerak Spesifik Lompat Jauh
Gambar .3.29Gerak rangkai gerak spesifik lompat jauh
Tahapan Pembelajaran
(1) Amati contoh peragaan aktivitas gerakan oleh guru dan lihat Gambar 3.29. 
(2) Lakukan seperti contoh perag aan.
(3) Rasakan saat melakukan gerakan tersebut, bandingkan gerakan yang kamu lakukan dengan contoh aktivitas gerakan oleh guru.
(4) Gerakan mana yang mudah kamu lakukan? 
(5) Fokuskan perhatian pada koordinasi gerakan.
Dalam pembelajaran dapat dilakukan pemberian skor, baik yang dilakukan ses- ama teman (peer assessment) atau diri sendiri (self assessment), dengan aspek yang diamati sebagai berikut:
(1) Bekerja sama saat belajar berjalan. 
(2) Dapat melakukan gerak melangkah.
(3) Dapat melakukan gerak pendaratan kaki. 
(4) Dapat melakukan gerakan pinggul.
(5) Dapat melakukan posisi badan, dan
(6) Bertanggung jawab. Adapun kriterianya adalah:
(a) 4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai gerakan.
(b) 3 = sering, apabila sering melakukan sesuai gerakan dan kadang-kadang tidak melakukan.
(c) 2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan.
(d) 1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Itulah artikel tentang Pembelajaran Atletik melalui Aktivitas Lompat Jauh,dengan membaca artikel ini di harap kan anda dapat memahami tentang Atletik,Semoga bermanfaat.Sekian Terimakasih.

0 Response to "Pembelajaran Atletik melalui Aktivitas Lompat Jauh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel