Pembelajaran Atletik melalui Aktivitas Lari Jarak Pendek


pjok.guruindonesia.id---Artikel yang berjudul Pembelajaran Atletik melalui Aktivitas Lari Jarak Pendek adalah materi pembelajaran kelas 7,menjelaskan tentang Atletik,mari kita pahami.

A. Gerak Spesifik Lari Jarak Pendek
1.   Gerak spesifik gerakan kaki (lihat Gambar  .  , yaitu  kaki melangkah selebar dan secepat mungkin, kaki belakang saat menolak dari tanah harus tertendang lurus, dengan cepat lutut ditekuk secara wajar agar paha mudah terayun ke depan. Pendaratan kaki pada tanah menggunakan ujung telapak kaki dengan lutut agak menekuk.
2.   Gerak spesifik gerakan ayunan lengan  lengan diayun ke depan atas sebatas hid- ung, sikut ditekuk kurang lebih membentuk sudut 90°.
3.   Gerak spesifik badan saat lari rileks dengan kepala segaris punggung, pandangan
ke depan, badan condong ke depan.
Gambar 3.11 Prinsip dasar lari jarak pendek.
B. Gerak Spesifik Start Jongkok

Gambar 3.12 Prinsip dasar start jongkok. 
1.   Aba-aba “bersedia” (on your marks) (lihat Gambar 3.12), yaitu: posisi jongkok dengan lutut kaki belakang menempel pada tanah/ lintasan (track), kedua lengan dengan telunjuk dan ibu jari siap menyangga berat badan dengan posisi kedua lengan selebar bahu.
2.   Aba-aba “siap” (Set) : lutut yang menempel pada tanah/lintasan (Track) diangkat bersamaan lutut kaki depan, posisi pinggul lebih tinggi dari bahu dan kepala agak menunduk rileks.
3.   Aba-aba “Ya” (Go/bunyi tembakan pistol): dorongkan kaki depan pada start block, kaki belakang digerakkan ke depan dalam keadaan lutut tertekuk (lutut diangkat ke depan atas).

C. Gerak Spesifik Finish Lari Jarak Pendek
Gambar 3 13. Prinsip dasar inish lari jarak pendek
Gambar  .  Prinsip dasar finish lari jarak pendek.
Tahapan Pembelajaran
1.    Terus berlari secepatnya melalui garis finish tanpa mengubah sikap lari (lihat
Gambar 3.13)
2.    Membusungkan dada ke depan, kedua lengan ditarik ke belakang
3.    Menjatuhkan salah satu bahu ke depan.

D. Variasi Gerak Spesifik Pembelajaran Lari Jarak Pendek
Akhir  dari  pembelajaran  variasi  gerak  spesifik adalah  untuk  meningkatkan pengetahuan, keterampilan, penanaman nilai disiplin, menghargai perbedaan, tanggung jawab, dan kerja sama. Berikut bentuk pembelajarannya.

1.   Aktivitas  Pembelajaran  Gerak  Lari  Jogging  dengan  Mengangkat  Paha
Tinggi dan Pendaratan Kaki Menggunakan Ujung Telapak Kaki
Gambar 3.14 Lari jogging dengan mengangkat paha tinggi dan pendaratan kaki menggunakan ujung telapak kaki.
Tahapan Pembelajaran
(1) Amati contoh peragaan aktivitas gerakan oleh guru dan lihat Gambar 3.14. (2) Lakukan seperti contoh peragaan.
(3) Rasakan saat melakukan gerakan tersebut, bandingkan gerakan yang kamu lakukan dengan contoh aktivitas gerakan oleh guru.
(4) Gerakan mana yang mudah kamu lakukan? (5) Fokuskan perhatian pengangkatan paha.

2.   Aktivitas Pembelajaran Gerak Lari Cepat dengan Langkah Kaki Lebar
Gambar 3.15 Gerak lari cepat dengan langkah kaki lebar. 
Tahapan Pembelajaran
(1) Amati contoh peragaan aktivitas gerakan oleh guru dan lihat Gambar 3.15. (2) Lakukan seperti contoh peragaan.
(3) Rasakan saat melakukan gerakan tersebut, bandingkan gerakan yang kamu lakukan dengan contoh aktivitas gerakan oleh guru.
(4) Gerakan mana yang mudah kamu lakukan? (5) Fokuskan perhatian pengangkatan paha.

3.   Aktivitas Pembelajaran Gerak Reaksi &epat Start dari Posisi Duduk
Gambar 3.16 gerak reaksi cepat start dari posisi duduk.
Tahapan Pembelajaran
(1) Amati contoh peragaan aktivitas gerakan oleh guru dan lihat Gambar 3.16. (2) Lakukan seperti contoh peragaan.
(3) Rasakan saat melakukan gerakan tersebut, bandingkan gerakan yang kamu lakukan dengan contoh aktivitas gerakan oleh guru.
(4) Gerakan mana yang mudah kamu lakukan? (5) Fokuskan perhatian pada reaksi gerak.

4.   Aktivitas Pembelajaran Gerak Reaksi Cepat Start dari Posisi Push-up
Gambar 3.17 Gerak reaksi cepat start dari posisi push-up.
Tahapan Pembelajaran
(1) Amati contoh peragaan aktivitas gerakan oleh guru dan lihat Gambar 3.17. (2) Lakukan seperti contoh peragaan.
(3) Rasakan saat melakukan gerakan tersebut, bandingkan gerakan yang kamu lakukan dengan contoh aktivitas gerakan oleh guru.
(4) Gerakan mana yang mudah kamu lakukan? (5) Fokuskan perhatian pada reaksi gerak.

5.   Aktivitas Pembelajaran Gerak Start dari Jongkok dengan Hitungan
Gambar 3.18 Gerak start dari jongkok dengan hitungan. 
Tahapan Pembelajaran
(1) Amati contoh peragaan aktivitas gerakan oleh guru dan lihat Gambar 3.18. (2) Lakukan seperti contoh peragaan.
(3) Rasakan saat melakukan gerakan tersebut, bandingkan gerakan yang kamu lakukan dengan contoh aktivitas gerakan oleh guru.
(4) Gerakan mana yang mudah kamu lakukan? (5) Fokuskan perhatian pada reaksi gerak.
Hitungan 1: berdiri tegak menghadap start block atau menghadap arah gerakan, kedua lengan lurus di samping badan, pandangan ke depan,  jarak tempuh untuk lari
10-15 meter, dilakukan berkelompok.
Hitungan 2: lakukan posisi jongkok, kaki kiri di depan kaki kanan di belakang (bertumpu pada start block), kedua tangan dengan ibu jari dan telunjuk betumpu pada garis, pandangan ke depan.
Hitungan 3: pinggul diangkat ke atas bersamaan kedua lutut terangkat, posisi pinggul lebih tinggi dari pundak, pandangan ke depan.
Hitungan 4: kaki belakang diayun ke depan dengan lutut tertekuk bersamaan lengan kiri diayun ke depan, kaki kiri dengan kuat menolak pada start block.

6.   Aktivitas Pembelajaran Gerak Reaksi Finish Diawali dengan Lari
Gambar 3.19 Gerak reaksi finish diawali dengan lari.
Tahapan Pembelajaran
(1) Amati contoh peragaan aktivitas gerakan oleh guru dan lihat Gambar 3.19, (2) Lakukan seperti contoh peragaan.
(3) Rasakan saat melakukan gerakan tersebut, bandingkan gerakan yang kamu lakukan dengan contoh aktivitas gerakan oleh guru.
(4) Gerakan mana yang mudah kamu lakukan?
(5) Fokuskan perhatian pada gerak merebahkan badan ke depan.

Dalam pembelajaran dapat dilakukan pemberian skor, baik yang dilakukan sesama teman ( peer teaching) atau diri sendiri (self assessment), dengan aspek yang diamati sebagai berikut:
(1) Bekerja sama saat belajar berjalan. (2) Dapat melakukan gerak melangkah.
(3) Dapat melakukan gerak pendaratan kaki. (4) Dapat melakukan gerakan pinggul.
(5) Dapat melakukan posisi badan, dan
(6) Bertanggung jawab. Adapun kriterianya adalah:
(a) 4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai gerakan.
(b) 3 = sering, apabila sering melakukan sesuai gerakan dan   kadang-kadang tidak melakukan.
(c) 2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan   sering tidak melakukan.

Cukup sekian artikel tantang Pembelajaran Atletik melalui Aktivitas Lari Jarak Pendek ,dengan artikel ini di harap kan pembaca memahami tentang Atletik.Sekian Terimakasih

0 Response to "Pembelajaran Atletik melalui Aktivitas Lari Jarak Pendek"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel