Permainan Bola Besar melalui Aktivitas Permainan Sepak Bola


Permainan Bola Besar melalui Aktivitas Permainan Sepak Bola

htpjok.guruindonesia.id/---Olahraga sepak bola dimulai sejak abad ke-2 dan -3 sebelum Masehi di Cina. Di masa Dinasti Han tersebut, masyarakat menggiring bola kulit dengan menendangnya ke jaring kecil. Permainan serupa juga dimainkan di Jepang dengan sebutan Kemari. Di Italia, permainan menendang dan membawa bola juga digemari terutama mulai abad ke-16.

sepak bola modern mulai berkembang di Inggris dan menjadi sangat digemari. Di beberapa kompetisi, permainan ini menimbulkan banyak kekerasan selama pertandingan sehingga akhirnya Raja Edward III melarang olahraga ini dimainkan pada tahun 1365. Raja James I dari Skotlandia juga mendukung larangan untuk memainkan sepak bola. Pada tahun 1815, sebuah perkembangan besar menyebabkan sepak bola menjadi terkenal di lingkungan universitas dan sekolah. Kelahiran sepak bola modern terjadi di Freemasons Tavern pada tahun 1863 ketika 11 sekolah dan klub berkumpul dan merumuskan aturan baku untuk permainan tersebut. Bersamaan dengan itu, terjadi pemisahan yang jelas antara olahraga rugby dan sepak bola (soccer). Pada tahun 1869, membawa bola dengan tangan mulai dilarang dalam sepak bola. Selama tahun 1800-an, olahraga tersebut dibawa oleh pelaut, pedagang, dan tentara Inggris ke berbagai belahan dunia. Pada tahun 1904, asosiasi tertinggi sepak bola dunia (FIFA) dibentuk dan pada awal tahun 1900-an, berbagai kompetisi dimainkan di berbagai negara.

Kini, sepak bola sudah modern. Untuk bermain bola dengan baik, pemain dibekali dengan teknik dasar yang baik. Pemain yang memiliki teknik dasar yang baik cenderung dapat bermain sepak bola dengan baik pula. Beberapa teknik dasar yang perlu dimiliki pemain sepak bola adalah menendang (kicking), menghentikan atau mengontrol (stoping), menggiring (dribbling), menyundul (heading), merampas (tacling), lemparan ke dalam (trow–in), dan menjaga gawang (goal keeping). Di bawah ini akan dijelaskan beberapa teknik menendang, menghentikan, dan mengiring bola dalam permainan sepak bola.

A. Gerak Spesifik Mengumpan dan Menendang Bola
1. Gerak Spesifik Mengumpan dan Menendang Menggunakan Kaki bagian Dalam
Tahapan Pembelajaran:
(1) Posisi awal: berdiri menghadap arah gerakan, letakkan kaki tumpu di samping bola dengan sikap lutut agak tertekuk dan bahu menghadap gerakan; sikap kedua lengan di samping badan agak terentang, pergelangan kaki yang akan digunakan mengumpan diputar ke luar dan dikunci, pandangan terpusat pada bola.
(2) Gerakan: tarik kaki yang akan digunakan mengumpan ke belakang lalu ayun ke depan ke arah bola, perkenaan kaki pada bola tepat pada tengah-tengah bola.
(3) Akhir gerakan: pindahkan berat badan ke depan mengikuti arah, kaki yang digunakan mengumpan diletakkan di depan, pandangan ke depan. (lihat Gambar: 1.1)

2. Gerak Spesifik Mengumpan dan Menendang Bola Menggunakan Kaki bagian Luar
Tahapan Pembelajaran
(1) Posisi awal: berdiri mengha- dap arah gerakan bola; letak- kan kaki tumpu di samping bola; posisi kedua lengan di samping badan agak teren- tang; pergelangan kaki yang akan digunakan menendang diputar ke dalam dan dikun- ci; pandangan terpusat pada bola.

Gambar 1.2Prinsip dasar mengumpan dan menendang menggu-nakan kaki bagian luar.

(2) Gerakan: tarik kaki yang akan digunakan menendang ke belakang, lalu ayunkan ke depan ke arah bola bersamaan kaki diputar ke arah dalam, perkenaan kaki pada bola tepat pada tengah-tengah bola.
(3) Akhir gerakan: kaki yang digunakan menendang agak menyilang depan badan, pindahkan berat badan ke depan, pandangan ke arah gerakan bola. (lihat Gambar: 1.2).



B. Gerak Spesifik Menggiring Bola
1. Gerak Spesifik Menggiring Bola dengan Kaki bagian Dalam

Tahapan Pembelajaran
(1) Posisi awal: berdiri menghadap arah gerakan, pandangan ke depan, posisi kedua lengan di samping badan agak terentang, pergelangan kaki diputar ke luar dan dikunci.
(2) Gerakan: dorong bola dengan kaki bagian dalam ke arah depan dengan posisi kaki agak dibuka ke depan bersamaan kaki tumpu ikut bergerak, bola bergerak ke depan tidak jauh dari kaki di permukaan tanah.
Gambar 1.3 Menggiring bola dengan kaki bagian dalam
(3) Akhir gerakan:
(1) bola bergulir di atas tanah, di depan badan,
(2) tumpuan berat badan berada pada kaki yang tidak digunakan menggiring bola,
(3) pandangan ke depan arah bola. (lihat Gambar: 1.3)

2. Gerak Spesifik Menggiring Bola dengan Kaki bagian Luar
Tahapan Pembelajaran
(1) Posisi awal: posisi berdiri menghadap arah gerakan, pandangan ke depan, posisi kedua lengan di samping badan agak terentang, pergelangan kaki diputar ke dalam dan dikunci.
(2) Gerakan: dorong bola dengan kaki bagian luar ke arah depan dengan posisi kaki agak terangkat dari tanah, tumpuan berat badan berada pada kaki yang tidak digunakan menggiring bola, kaki tumpu bergeser bergerak maju.
Gambar 1.4 Menggiring bola dengan kaki bagian luar
(3) Akhir gerakan: bola bergulir di atas tanah, di depan badan, tumpuan berat badan berada pada kaki yang tidak digunakan menggiring bola, pandangan ke depan ke arah bola, berat badan agak condong ke depan. (lihat Gambar: 1.4).

C. Gerak Spesifik Menahan Bola
1. Gerak Spesifik Menahan Bola dengan Kaki bagian Dalam
Tahapan Pembelajaran
(1) Posisi awal: diawali dengan posisi menghadap arah datangnya bola, pusatkan pandangan ke arah gerakan bola, putar pergelangan kaki yang akan digunakan menahan bola ke arah luar dan dikunci.
(2) Gerakan: julurkan kaki yang akan digunakan menahan bola ke arah datangnya bola, saat bola mengenai kaki bagian dalam, tarik kembali ke belakang mengikuti arah gerakan bola.
(3) Akhir gerakan: gerak bola tertahan dan berhenti di depan badan, pandangan ke depan (lihat Gambar: 1.5).

Gambar 1.5 Menahan bola dengan kaki bagian dalam
2. Gerak Spesifik Menahan Bola dengan Kaki bagian Luar
Tahapan Pembelajaran
(1) Posisi awal, diawali dengan posisi berdiri menghadap arah gerak dasar bola, letakkan kaki tumpu di samping bola, posisi kedua lengan di samping badan agak terentang, pergelangan kaki yang akan digunakan menghentikan diputar ke dalam dan dikunci, pandangan terpusat pada bola.
(2) Gerakan, julurkan kaki yang akan digunakan menahan bola ke arah datangnya bola, saat bola menyentuh kaki bagian luar, tarik kaki yang akan digunakan menghentikan bola ke belakang, perkenaan kaki pada bola tepat pada tengah-tengah bola.

Gambar 1.6 Menahan bola dengan kaki bagian luar
(3) Akhir gerakan, bawa berat badan ke depan bersamaan kaki yang tidak digunakan menahan bola dijadikan tumpuan berat badan, pandangan ke depan, bola tertahan di depan badan (lihat Gambar: 1.6) .

3. Gerak Spesifik Menahan Bola Menggunakan Telapak Kaki
Tahapan Pembelajaran
(1) Posisi awal: berdiri menghadap arah datangnya bola, pusatkan pandangan ke arah datangnya bola, posisi kedua lengan di samping badan, posisi badan agak condong ke depan.
(2) Gerakan: saat bola datang sambut dengan telapak kaki menghadap ke arah datang bola, pergelangan kaki dikunci, posisi tumit ada di bawah.
(3) Akhir gerakan: posisi kaki terangkat dari tanah dengan lutut agak tertekuk, gerak bola tertahan oleh telapak kaki, tumpuan berat badan pada kaki yang lainnya (lihat Gambar: 1.7).
Gambar 1.7 Menahan bola menggunakan telapak kaki

D. Gerakan Spesifik Menyundul Bola
Gerak Spesifik Menyundul Bola
Tahapan Pembelajaran
(1) Posisi awal: berdiri dengan kedua kaki dibuka selebar bahu/sikap melangkah, kedua lutut agak rendah, kedua lengan di depan samping badan, pandangan tertuju pada arah bola.
(2) Gerakan: lentingkan pinggang ke belakang dan keraskan otot leher serta berat badan bertumpu pada kaki belakang, arah pandangan pada bola, gerakan pinggang ke depan, hingga dahi tepat menyongsong arah datangnya bola, untuk menambah kecepatan/ kekuatan bola, gerakan kedua lengan ke belakang.
Gambar 1.8 Gerakan menyundul bola

(3) Akhir gerakan: gerakan badan dibawa ke depan, kedua lutut diluruskan serta kedua tumit terangkat dari tanah, pandangan mengikuti arah gerak bola (lihat Gambar: 1.8).
E. Variasi Gerak Spesifik Pembelajaran
Variasi dalam pembelajaran sepak bola adalah melakukan satu bentuk gerak spesifik dengan berbagai cara, seperti melakukan gerak spesifik mengumpan menendang bola di tempat, sambil bergerak maju-mundur, dan bergerak menyamping, baik secara perorangan, berpasangan maupun kelompok. Variasi gerak spesifik ini dilakukan dengan menggunakan kaki kanan dan kaki kiri.
Akhir dari pembelajaran variasi teknik dasar ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan penanaman nilai disiplin, menghargai perbedaan, tanggung jawab, dan kerja sama.

Selama kegiatan pembelajaran, peserta didik diberikan kesempatan mengemukakan kesulitan atau menanyakan pada guru atau teman dan jawaban yang diberikan guru atau teman sendiri dijadikan untuk memperbaiki dan mengatasi kesulitan yang dialaminya. Berikut bentuk pembelajarannya.

1. Aktivitas Pembelajaran Menendang atau Mengumpan Bola Menggunakan
Kaki bagian Dalam, Luar, atau Punggung Kaki
Buat kelompok membentuk lingkaran berpegangan tangan (lihat Gambar 1.9). Gerakan dilakukan menyamping maju mundur, tetapi bola tidak boleh ke- luar lingkaran.
Gambar 1.9 Berkelompok membentuk lingkaran berpegangan tangan.

Tahapan Pembelajaran(1) Amati contoh peragaan aktivitas gerakan oleh guru dan lihat Gambar 1.9.
(2) Lakukan seperti contoh peragaan.
(3) Rasakan saat melakukan gerakan tersebut.
(4) Bandingkan gerakan yang kamu lakukan dengan contoh aktivitas gerakan oleh guru.
(5) Gerakan mana yang mudah kamu lakukan?
(6) Fokuskan pada perkenaan kaki pada bola.

2. Aktivitas Menendang atau Mengumpan Bola Menggunakan Kaki bagian
Dalam atau Luar, Bola Dipantul

Gambar 1.10 Bola dipantul.

Tahapan pembelajarannya(1) Amati contoh peragaan aktivitas gerakan oleh guru atau teman kamu yang ditunjuk oleh guru, dan lihat Gambar 1.10.
(2) Lakukan seperti contoh peragaan.
(3) Rasakan saat melakukan gerakan tersebut.
(4) Bandingkan gerakan yang kamu lakukan dengan contoh aktivitas gerakan oleh guru.
(5) Gerakan mana yang mudah kamu lakukan? (6) Fokuskan pada perkenaan kaki pada bola.

3. Aktivitas Menendang atau Mengumpan Bola Menggunakan Kaki bagian
Dalam atau Luar, Bola Dilambungkan
Tahapan pembelajarannya
(1) Amati contoh peragaan aktivitas gerakan oleh guru dan lihat Gambar 1.11.
(2) Lakukan seperti contoh peragaan.
(3) Rasakan saat melakukan gerakan tersebut.
(4) Bandingkan gerakan yang kamu lakukan dengan contoh aktivitas gerakan oleh guru.
(5) Gerakan mana yang mudah kamu lakukan?
(6) Fokuskan pada perkenaan kaki pada bola. tendang bola sebelum jatuh ke lantai
Gambar 1.11 Menendang atau mengumpan bola

4. Aktivitas Pembelajaran Menendang dan Mengumpan Bola MenggunakanKaki Bagian Dalam, Luar, Punggung Kaki dengan Bola Tergantung
Gambar 1.12 Menendang, dan mengumpan bola menggunakan kaki bagian dalam, luar, punggung kaki, dengan bola tergantung.

tahapan pembelajarannyaGantung bola dengan ketinggian dari tanah kurang lebih 10-15 cm.
(1) Amati contoh peragaan aktivitas gerakan oleh guru dan lihat
Gambar 1.12.
(2) Lakukan seperti contoh peragaan.
(3) Rasakan saat melakukan gerakan tersebut.
(4) Bandingkan gerakan yang kamu lakukan dengan contoh aktivitas gerakan oleh guru.
(5) Gerakan mana yang mudah kamu lakukan?
(6) Fokuskan pada perkenaan kaki pada bola.
Tujuan pembelajaran menggunakan bola yang diikat tali adalah sebagai berikut.
1. Agar peserta didik menggunakan waktu dengan efektif
2. Agar bola tidak menggulir jauh
3. Agar peserta didik mudah mengontrol posisi dan gerakan bola
4. Agar peserta didik dapat melakukan pengulangan gerakan dengan mudah

5. Aktivitas Menendang dan Mengumpan Bola Menggunakan Kaki bagian
Dalam atau Luar, Berpasangan dan Berhadapan Berjarak ± 2-3 M
Gambar 1.13 Menendang dan mengumpan bola menggunakan kaki bagian dalam, luar, atau punggung kaki berpasangan dan berhadapan berjarak ± 2-3 m

Tahapan pembelajarannya
(1) Amati contoh peragaan aktivitas gerakan oleh guru dan lihat Gambar 1.13. (2) Lakukan seperti contoh peragaan.(3) Rasakan saat melakukan gerakan tersebut.
(4) Bandingkan gerakan yang kamu lakukan dengan contoh aktivitas gerakan oleh guru.
(5) Gerakan mana yang mudah kamu lakukan? (6) Fokuskan pada perkenaan kaki pada bola.
6. Aktivitas Menendang dan Mengumpan Bola Menggunakan Kaki bagian
Dalam atau Luar, Berpasangan serta Berhadapan Berjarak ± 2-3 M
Gambar 1.14 Menendang dan mengumpan bola menggunakan kaki bagian dalam atau luar

Tahapan pembelajarannya(1) Amati contoh peragaan aktivitas gerakan oleh guru dan lihat Gambar 1.14.
(2) Lakukan seperti contoh peragaan.
(3) Rasakan saat melakukan gerakan tersebut.
(4) Bandingkan gerakan yang kamu lakukan dengan contoh aktivitas gerakan oleh guru.
(5) Gerakan mana yang mudah kamu lakukan? (6) Fokuskan pada perkenaan kaki pada bola.

Cukup sekian artikel tentang Permainan Bola Besar melalui Aktivitas Permainan Sepak Bola semoga bermanfaat,terimakasih

0 Response to "Permainan Bola Besar melalui Aktivitas Permainan Sepak Bola"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel