Format dan Rubrik Penilaian Pengetahuan (Tertulis, Lisan dan Penugasan)

https://pjok.guruindonesia.id
Format dan Rubrik Penilaian Pengetahuan (Tertulis, Lisan dan Penugasan)
Penilaian Pengetahuan - Pada pertemuan sebelumnya telah kita bahasa mengenai Format dan Rubrik Penilaian Sikap edisi revisi 2017, Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi mengenai Format dan Rubrik Penilaian Pengetahuan edisi Terbaru revisi 2017

Penilaian pengetahuan mengukur kemampuan kognitif dan kecakapan berpikir tingkat rendah sampai tingkat tinggi peserta didik. Penilaian pengetahuan dilakukan untuk mengetahui pencapaian ketuntasan belajar, mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan penguasaan pengetahuan dalam proses pembelajaran, termasuk penguasaan terhadap kemampuan multi literasi. Oleh karena itu, pemberian umpan balik kepada peserta didik oleh guru sangat penting sehingga hasil penilaian dapat digunakan untuk perbaikan mutu pembelajaran. Selanjutnya skema penilaian pengetahuan dapat ditunjukkan pada Gambar berikut:
https://pjok.guruindonesia.id
Penilaian pengetahuan
Berbagai teknik penilaian pengetahuan dapat digunakan sesuai dengan karakteristik masing-masing KD. Teknik yang digunakan adalah tes tertulis, tes lisan, dan penugasan. 

1) Perencanaan penilaian pengetahuan 
Penilaian kompetensi pengetahuan sudah direncanakan dalam RPP. Karena penilaian kompetensi pengetahuan harus dilaksanakan untuk setiap IPK. IPK tersebut dijabarkan dalam indikator soal yang menggambarkan kemampuan berpikir tingkat rendah (LOTS) dan kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS).  Contoh penilaian untuk KD 3.1 Permainan Bola Basket.
Guru merancang penilaian untuk setiap indikator yang dikembangkan, sebagai contoh berikut:
Langkah yang harus dilakukan: 
(1) Menyusun kisi kisi soal 
(2) Mengembangkan soal sesuai kisi kisi
(3) Membuat pedoman penskoran dan kuci jawaban
(4) Menganalisis soal secara kualitatif 

2) Pelaksanaan penilaian pengetahuan 
Penilaian pengetahuan dilakukan untuk menilai proses dan hasil belajar peserta didik. Penilaian proses dilakukan dalam bentuk penilaian harian melalui tes tertulis, tes lisan, maupun penugasan. Cakupan penilaian harian meliputi seluruh indikator dari satu kompetensi dasar atau lebih sedangkan cakupan penugasan disesuaikan dengan karakteristik kompetensi dasar. Penugasan dapat diberikan sebagai alat agar peserta didik dapat belajar lebih luas (Broad Based Learning) dengan menggunakan berbagai sumber belajar, baik sumber insani maupunsumber non-insani, termasuk memanfaatkan sumber digital dan alam atau lingkungan (Community Based Learning). Untuk penilaian yang dilakukan seperti kegiatan tersebut, guru dapat memberikan nilai tambah dengan memperhatikan penguasaan peserta didik terhadap kemampuan multi lietrasi, serta penguatan nilai-nilai karakter yang sesuai.

3) Pemanfaatan hasil penilaian pengetahuan
Hasil penilaian selanjutnya dianalisis dan hasilnya digunakan sebagai acuan dalam menyusun program remedial dan/atau pengayaan serta perbaikan proses pembelajaran berikutnya, termasuk dalam penguatan nilai-nilai karakter. 

a) Remedial 
Remedial merupakan program pembelajaran yang diperuntukkan bagi peserta didik yang belum mencapai KKM dalam satu KD tertentu.
Pembelajaran remedial bertujuan agar peserta didik yang mengalami kesulitan belajar dapat mencapai kompetensi dasar yang ditetapkan, baik terkait pengetahuan dan keterampilan, maupun dalam peningkatan penguasaan terhadap kemampuan literasi dan penguatan nilai-nilai karakter. 
Pembelajaran remedial dapat dilakukan melalui pembelajaran ulang, pemberian bimbingan khusus, pemberian tugas, atau pemanfaatan tutor sebaya.
Tahapan pelaksanaan pembelajaran remedial serta strateginya digambarkan dalam Gambar 8 sebagai berikut: 
https://pjok.guruindonesia.id

Contoh penentuan program remedial.
Jika peserta didik dalam satu kelas yang mencapai ketuntasan kurang dari50% maka bentuk pembelajaran remedialnya adalah pembelajaran ulang. 

b) Pengayaan
Pengayaan pembelajaran dapat digunakan untuk mencapai kompetensi dasar ataupun untuk pengembangan dari kompetensi dasar yang sudah ditentukan. 

0 Response to "Format dan Rubrik Penilaian Pengetahuan (Tertulis, Lisan dan Penugasan)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel