RPP PJOK (Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan) Kelas XII SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017

https://pjok.guruindonesia.id
RPP PJOK (Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan) Kelas XII SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017
pjok.guruindonesia.id - RPP PJOK (Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan) Kelas XII SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS).

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan : SMA N/S
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olah Raga dan Kesehatan
Kelas /Semester : XII/Ganjil
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Tema : Permainan Bola Besar
Subtema : Permainan sepak bola
Alokasi Waktu : 3 JP ( 1 Pertemuan)

A. Kompetensi Inti
Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial (rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin dan kerjasama) dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. 
KI3: Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
3.1 Merancang pola penyerangan dan pertahanan salah satu permainanbola besar *)
4.1 Mempraktikkan hasil ranca-ngan pola penyerangan dan pertahanan salah satu permainanbola besar *)

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
• Menganalisis variasi keterampilan gerak permainan bola besar melalui teknik pola penyerangan 4-3-3, 4-2-4, 3-2-5 pola pertahanan 4-3-3, 4-4-2, 5-3-2 dalam permainan sepakbola
4.1.1 Mempraktikan variasi keterampilan gerak permainan bola besar melalui teknik pola penyerangan 4-3-3, 4-2-4, 3-2-5 pola pertahanan 4-3-3, 4-4-2, 5-3-2 dalam permainan sepakbola.

C. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model part and whole dengan pendekatan scientific, diharapkan peserta didik dapat
1. Menganalisis keter¬ampilan gerak salah satu permainan bola besar untuk menghasil¬kan koordinasi gerak yang baik, 
2. Mempraktikkan hasil analisis keterampi¬lan gerak salah satu permainan bola besar untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik
3. menerapkan kombinasi teknik permainan sepakbola ketika melakukan aktivitas bermain sepakbola dengan rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin dan kerjasama selama proses pembelajaran

D. Materi Pembelajaran
Sepakbola:
• Pola penyerangan 4-3-3.
• Pola penyerangan 4-2-4. 
• Pola penyerangan 3-2-5
• Pola pertahanan 4-3-3. 
• Pola pertahanan 4-4-2
• Pola pertahanan 5-3-2.

E. Metode Pembelajaran
1. Inclusive (cakupan).
2. Demonstrasi.
3. Part and whole (bagian dan keseluruhan).
4. Resiprocal (timbal-balik).
5. Pendekatan Pembelajaran Kontekstual.
6. Pendekatan Scientific.

F. Media Pembelajaran 
1. Media LCD projector, 
2. Laptop, 
3. Bahan Tayang
4. Ruang terbuka yang datar dan aman/lapangan sepakbola.
5. Bola sepakbola 
6. Stopwatch
7. Gambar : gerakkan permainan sepak bola
8. Model : peragaan oleh guru atau peserta didik yang sudah memiliki kemampuam permaianan sepakbola 

G. Sumber Belajar
2. internet, 
3. Sumber lain yang relevan

H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup

I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan 
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
• Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
• Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
• Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
• Laporan tertulis individu/ kelompok 
3) Produk, 

2. Instrumen Penilaian
Terlampir

3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
  • Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
  • Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal).

b. Pengayaan
  • Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
  • Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
  • Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas.

Untuk mendapatkan RPP PJOK (Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan) Kelas XII SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS) silahkan unduh filenya di bawah ini, Untuk mendapatkan perangkat pembelajaran lengkapnya silahkan klik Disini.

0 Response to "RPP PJOK (Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan) Kelas XII SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel