RPP PJOK (Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan) Kelas VI SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017

https://pjok.guruindonesia.id
RPP PJOK (Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan) Kelas VI SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017
pjok.guruindonesia.id - RPP PJOK (Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan) Kelas VI SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS).

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan : SDN
Mata Pelajaran : PJOK
Kelas /Semester : VI/Ganjil
Tema : Variasi Dan Kombinasi Pola Gerak Dasar Permainan Sepakbola
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 16 JP ( 4 Pertemuan)

A. Kompetensi Inti
KI -3 Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

KI -4 Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
3.1 Menerapkan prosedur variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dengan kontrol yang baik dalam permainan bola besar sederhana dan atau tradisional. *
4.1 Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dengan kontrol yang baik dalam permainan bola besar sederhana dan atau tradisional. *

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1.1 Menjelaskan variasi dan kombinasi pola gerak dasar menendang/ mengumpan bola
3.1.2 Menjelaskan variasi dan kombinasi pola gerak dasar menghentikan bola
3.1.3 Menjelaskan variasi dan kombinasi pola gerak dasar menggiring bola
3.1.4 Menjelaskan variasi dan kombinasi pola gerak dasar menendang bola ke gawang 
4.1.1 Memperagakan berbagai teknik dasar menendang/ mengumpan bola
4.1.2 Memperagakan berbagai teknik dasar menghentikan bola
4.1.3 Memperagakan berbagai teknik dasar menggiring bola
4.1.4 Memperagakan berbagai teknik dasar menendang bola ke gawang 

C. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model part and whole di padukan dengan pendekatan scientific, diharapkan peserta didik dapat, Menjelaskan variasi dan kombinasi pola gerak dasar menendang/ mengumpan bola,Menjelaskan variasi dan kombinasi pola gerak dasar menghentikan bola,Menjelaskan variasi dan kombinasi pola gerak dasar menggiring bola,Menjelaskan variasi dan kombinasi pola gerak dasar menendang bola ke gawang, Memperagakan berbagai teknik dasar menendang/ mengumpan bola,Memperagakan berbagai teknik dasar menghentikan bola,Memperagakan berbagai teknik dasar menggiring bola,Memperagakan berbagai teknik dasar menendang bola ke gawang, Dengan rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik

D. Materi Pembelajaran
1. Fakta:
• Permainan sepak bola dilakukan oleh dua tim, masing-masing tim terdiri atas 11orang pemain dan beberapa orang pemain cadangan

2. Konsep
• Negara yang pertama kali memperkenalkan dan menyebarluaskan olahraga sepak bola adalah Inggris.

3. Prinsip
• Terdapat beberapa teknik dalam permainan sepak bola, di antaranya menendang,mengontrol, menyundul, dan menggiring.

4. Prosedur
• Memperagakan berbagai teknik dasar menendang/ mengumpan bola
• Memperagakan berbagai teknik dasar menghentikan bola
• Memperagakan berbagai teknik dasar menggiring bola
• Memperagakan berbagai teknik dasar menendang bola ke gawang

E. Metode Pembelajaran
1. Inclusive (cakupan).
2. Demonstrasi.
3. Part and whole (bagian dan keseluruhan).
4. Resiprocal (timbal-balik).
5. Pendekatan Pembelajaran Kontekstual.
6. Pendekatan Scientific.

F. Media,Alat dan Bahan Pembelajaran
1. Media LCD projector
2. Laptop
3. Bahan Tayang (slide power point)
4. Ruang terbuka yang datar dan aman/lapangan
5. Stopwatch
6. Gambar : Lapangan sepak bola dan teknik menendang bola
7. Model : peragaan oleh guru atau peserta didik yang sudah memiliki kemampuan menendang bola

G. Sumber Belajar
1. Buku Pegangan Guru Pendidikan JasmaniOlahragadanKesehatan Kelas 6 Kurikulum 2013
2. Buku Pegangan Siswa Pendidikan JasmaniOlahragadanKesehatan Kelas 6 Kurikulum 2013
3. Modul/bahan ajar, 
4. Internet, 
5. Sumber lain yang relevan

H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup

I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan 
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
• Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
• Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
• Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
• Laporan tertulis individu/ kelompok 
3) Produk, 

2. Instrumen Penilaian
Terlampir

3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
  • Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
  • Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal).
b. Pengayaan
  • Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
  • Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
  • Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas.

Untuk lebih jelasnya lagi RPP PJOK (Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan) Kelas VI SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS) silahkan unduh filenya di bawah ini atau bisa juga klik disini.

0 Response to "RPP PJOK (Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan) Kelas VI SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel