Download RPP PJOK Kelas VIII SMP/MTS Kurikulum 2013 Revisi 2017

https://pjok.guruindonesia.id
Download RPP PJOK  Kelas VIII SMP/MTS Kurikulum 2013 Revisi 2017
pjok.guruindonesia.id - RPP PJOK (Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan) Kelas VIII SMP/MTS Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS). 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah : SMP... 
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan 
Kelas/Semester : VIII/ Ganjil
Materi Pokok : Aktivitas Permainan Bola Besar Melalui Permainan Sepak Bola
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 6 Minggu x 3 Jam Pelajaran @40 Menit 

A. Kompetensi Inti
• KI1 dan KI2: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya serta Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
• KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
• KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
3.1 Memahami variasi gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional
4.1 Mempraktikkan variasi gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional

Indikator
3.1.1. Mengidentifikasikan berbagai variasi gerak spesifik menendang, menahan dan menggiring bola permainan sepak bola. 
3.1.2. Menjelaskan variasi gerak spesifik menendang, menahan dan menggiring bola permainan sepak bola. 
3.1.3. Menjelaskan cara melakukan gerakan menendang, menahan dan menggiring bola permainan sepak bola.
4.1.1. Melakukan variasi gerak spesifik menendang, menahan dan menggiring bola permainan sepak bola. 
4.1.2. Menggunakan variasi gerak spesifik menendang, menahan dan menggiring bola dalam bentuk permainan sepak bola yang dimodifikasi.

C. Tujuan Pembelajaran 
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
• Mengidentifikasikan berbagai variasi gerak spesifik menendang, menahan dan menggiring bola permainan sepak bola. 
• Menjelaskan variasi gerak spesifik menendang, menahan dan menggiring bola permainan sepak bola. 
• Menjelaskan cara melakukan gerakan menendang, menahan dan menggiring bola permainan sepak bola.
• Melakukan variasi gerak spesifik menendang, menahan dan menggiring bola permainan sepak bola. 
• Menggunakan variasi gerak spesifik menendang, menahan dan menggiring bola dalam bentuk permainan sepak bola yang dimodifikasi.

D. Materi Pembelajaran 
Sepakbola:
• Variasi menendan/ mengumpan bola 
• Variasi menghenti kan bola 
• Variasi menggiring bola 
• Variasi menyundul bola
• Variasi melempar bola
• Variasi menjaga gawang

E. Metode Pembelajaran 
Metode yang digunakan dalam pembelajaran pemainan sepak bola antara lain. 
• Cakupan (Inclusive). 
• Demonstrasi. 
• Bagian dan keseluruhan (Part and Whole). 
• Timbal-balik (Resiprokal). 
• Jigshaw. 
• Periksa sendiri (selfcheck). 
• Penugasan. 
• Project Based Learning. 
• Problem-Based Learning. 
• Pendekatan Scientific. 

F. Media Pembelajaran 
1. Media: 
a. Gambar gerak menendang, menahan dan menggiring bola permainan sepak bola. 
b. Video pembelajaran gerak menendang, menahan dan menggiring bola permainan sepak bola. 
c. Model siswa atau guru yang memperagakan gerak menendang, menahan dan menggiring bola permainan sepak bola.

2. Alat dan Bahan: 
a. Lapangan permainan sepak bola atau lapangan sejenisnya (lapangan bola voli, halaman sekolah atau lapangan terbuka). 
b. Sepak bola atau bola sejenisnya (bola terbuat dari plastik, karet, dll). 
c. Beberapa gawang dan bola yang dimodifikasi. 
d. Bendera (corong) atau sejenisnya (kursi atau bilah bambu). 
e. Peluit dan Stopwatch. 
f. Panduan Pembelajaran Siswa (Judul: Panduan Pembelajaran Siswa oleh MGMP PJOK SMP/M.Ts). 

G. Sumber Belajar 
Buku Siswa Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) kelas VIII  Revisi 2017, internet, narasumber, lingkungan sekitar, dan sumber lain yang relevan

H. Langkah-Langkah Pembelajaran 
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup

I. Penilaian
1. Teknik Penilaian: 
a. Penilaian Sikap : Observasi/pengamatan/Jurnal
b. Penilaian Pengetahuan : Tes Tertulis (pilihan ganda ,uraian/esaidan tes lisan)
c. Penilaian Keterampilan : Unjuk / Praktik, Portofolio dan produk

2. Bentuk Penilaian : 
a. Observasi : lembar pengamatan aktivitas peserta didik
b. Tes tertulis : uraian dan lembar kerja
c. Unjuk kerja : lembar penilaian presentasi
d. Portofolio : penilaian laporan

3. Instrumen Penilaian (terlampir)

4. Remedial
a. Pembelajaran remedial dilakukan bagi peserta didik yang capaian KD nya belum tuntas 
b. Tahapan pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.
c. Tes remedial, dilakukan sebanyak 2 kali dan apabila setelah 2 kali tes remedial belum mencapai ketuntasan, maka remedial dilakukan dalam bentuk tugas tanpa tes tertulis kembali.

5. Pengayaan
a. Bagi peserta didik yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:
- Siwa yang mencapai nilai diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
- Siwa yang mencapai nilai diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.

Untuk memiliki RPP PJOK (Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan) Kelas VIII SMP/MTS Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS) silahkan unduh filenya di bawah ini, untuk mendapatkan versi lengkapnya silahkan klik disini.

0 Response to "Download RPP PJOK Kelas VIII SMP/MTS Kurikulum 2013 Revisi 2017"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel