Download RPP PJOK Kelas VII SMP/MTS Kurikulum 2013 Revisi 2017

https://pjok.guruindonesia.id
Download RPP PJOK Kelas VII SMP/MTS Kurikulum 2013 Revisi 2017 
pjok.guruindonesia.id - RPP PJOK (Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan) Kelas VII SMP/MTS Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS).

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah : SMP N/S
Mata Pelajaran : PJOK
Kelas/Semester : VII/ Satu
Materi Pokok : Aktivitas Pembeljaran gerak spesifik permainan sepak bola
Tahun Peljaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 4 x Pertemuan 

A. Kompetensi Inti
KI-3 Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan rasaingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampakmata
KI-4 Mencoba, mengolah, dan menyaji dalamranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) danranah abstrak(menulis, membaca, menghitung,menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajaridi sekolah dan sumberlain yangsama dalamsudut pandang/teori

B. Kompetensi Dasar (KD)dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1 Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *)
4.1 Mempraktikkan gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *)

IPK
3.1.1 Mendepinisikan Pengertian dan Asal-Usul Sepak bola
3.1.2 Menganalisis ukuran lapangan dan perlengkapan permainan sepak bola
3.1.3 Menjelaskan gerak spesifik permainan sepak bola
3.1.4 Menjelaskan Gerak Spesifik Menendang Bola dengan bagian kaki dalam,luar dan punggung
3.1.5 Menjelaskan gerakan menghentikan bola yang bergulir di tanah dengan kaki bagian dalam dan luar
3.1.6 Menjelaskan gerak spesifik menghentikan bola dengan kura-kura kaki
3.1.7 Menjelaskan gerak spesifik menggiring bola dengan menggunakan kaki bangian dalam,luar dan punggung.
4.1.1 Melakukan gerak Gerak Spesifik Menendang Bola
4.1.2 Melakukan gerak spesifik menghentikan bola dengan kura-kura kaki
4.1.3 Melakukan gerrak spesifik menggiring bola dengan kaki bagian dalam,luuar dan punggung.

C. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan pertama
Setelah membaca teks aktivitas permainan sepak bola, peserta didikdapat:
1. Memahami berbagai gerak spesifik menendang, menahan dan menggiring bola permainan sepak bola.
2. Memahami gerak spesifik menendang, menahan dan menggiring bola permainan sepak bola.
3. Menjelaskan cara melakukan gerakan menendang, menahan dan menggiring bola permainan sepak bola.
4. Melakukan gerak spesifik menendang, menahan dan menggiring bola dalam bentuk permainan sepak bola yang dimodifikasi.

Pertemuan kedua
Setelah mengamati suatuobjek, peserta didikdapat:
1. Menjelaskan gerak spesifik menendang,menahan dan menggiring bola dalam bentuk permainan sepak bola
Pertemuan ketiga
Setelah mengikutiserangkaian kegiatan pembelajaran, siswadapat:
1. Memperaktekan gerak spesifik cara menendang,menahan dan menggiring bola dalam bentuk permainan sepak bola

Pertemuan keempat
Setelah mengikutiserangkaian kegiatan pembelajaran, siswadapat:
1. Mengetahui manfaat gerak spesifik menendang,menahan dan menggiring bola dalam bentuk permainan sepak bola
2. Mencontohkan gerak spesifik menendang,menahan dan menggiring bola dalam bentuk permainan sepak bola

D. Materi Pembelajaran
1. Materi PembelajaranReguler
(1) Fakta
a. Sepak bola merupakan suatu permainan yang dilakukan oleh dua tim/regu yang masing-masing regu berjumlah 11 pemain sepak bola dimainkan dalam 2 babak (2X45 menit) dan 5 istrahat.
(2) Konsep
a. Sepak bola adalah suatu permainan sepak bola yang dilakukan dengan menendang bola kemana-kemari untuk diperebutkan para pemain-pemain, yang tujuan untuk memasukkan bola ke gawang lawan sebanyaknya dan untuk mempertahankan gawang sendiri agar tidak kemasukan bola. Dalam permainan ini, setiap pemain diperbolehkan menggunakan seluruh anggota badan kecuali tangan dan lengan. Hanya penjaga gawang yang diperbolehkan memainkan bola dengan kaki dan tangan di daerah gawang.
(3) Prosedur
a. Melakukan gerak spesifik menendang bola
b. Melakukan gerak spesifik menghentikan bola dengan kura-kura kaki
c. Melakukan gerak spesifik mengentikan bola yang bergulir ditanah dengan kaki bagian dalam
d. Melakukan gerak spesifik mengggiring bola 

2. Materi PembelajaranPengayaan
Melakukan gerak spesifik menghentikan bola yang bergulir ditanah dengan mengunakan kaki bagian dalam

3. Materi PembelajaranRemedial
(1) Melakukan gerak spesifik menggiring bola dengan menggunakan kaki bagian dalam
(2) Melakukan gerak spesifik menghentikan/mengontrol bola yang bergulir di tanah dengan kura-kura kaki

E. Metode Pembelajaran
a. Model: Discovery learning
b. Pendekatan: Metode Ilmiah (Saintifik)
c. Cakupan (inclusive)
d. Bagian dan keseluruhan (part and whole)

F. Mediadan Bahan
a. Media
1) Laptop
2) Media LCd projector
3) Bahan Tayang
- rekaman video permainan sepak bola
- Gambar/foto prinsip gerakan mengumpan,menahan dan menggiring bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar.

b. Bahan
1. Lapangan atau sejenisnya (lapangan bola volley,sekolah atau lapangan terbuka.
2. Sepak bola yang terbuat dari karet atau plastrik dan atau sejenisnya.
3. Beberapa gawang dan bola yang dimodifikasi
4. Bendera (corong) atau sejenisnya (kursi atau bilah bambu)
5. Peluit dan Stopwatch.

G. SumberBelajar
2. Modul/bahan ajar, 
3. Internet, 
4. Sumber lain yang relevan

H. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup

I. Penilaian
1. Teknik Penilaian: 
a. Penilaian Sikap : Observasi/pengamatan/Jurnal
b. Penilaian Pengetahuan : Tes Tertulis (pilihan ganda ,uraian/esaidan tes lisan)
c. Penilaian Keterampilan : Unjuk / Praktik, Portofolio dan produk
2. Bentuk Penilaian : 
a. Observasi : lembar pengamatan aktivitas peserta didik
b. Tes tertulis : uraian dan lembar kerja
c. Unjuk kerja : lembar penilaian presentasi
d. Portofolio : penilaian laporan

3. Instrumen Penilaian (terlampir)
4. Remedial
a. Pembelajaran remedial dilakukan bagi peserta didik yang capaian KD nya belum tuntas 
b. Tahapan pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.
c. Tes remedial, dilakukan sebanyak 2 kali dan apabila setelah 2 kali tes remedial belum mencapai ketuntasan, maka remedial dilakukan dalam bentuk tugas tanpa tes tertulis kembali.
Siswa diberikan soal berkaitan teknik dasar permainan sepak bola

5. Pengayaan
a. Bagi peserta didik yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:
- Siwa yang mencapai nilai diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
- Siwa yang mencapai nilai diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
Peserta didik menyusun rangkuman tentang gerak dasar permainan sepak bola

Untuk memiliki RPP PJOK (Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan) Kelas VII SMP/MTS Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS) silahkan unduh filenya di bawah ini, untuk mendapatkan versi lengkapnya silahkan klik disini.

0 Response to "Download RPP PJOK Kelas VII SMP/MTS Kurikulum 2013 Revisi 2017 "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel