RPP PJOK (Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan) Kelas 1 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017

 https://pjok.guruindonesia.id
RPP PJOK Kelas 1 SD/MI SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP SD K13 Revisi 2017 - RPP PJOK (Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan) Kelas 1 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS).

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan : SDN
Mata Pelajaran : PJOK
Kelas /Semester : I/Ganjil
Tema : Prosedur gerak dasar lokomotor
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 16 JP ( 4 Pertemuan)

A. Kompetensi Inti
KI -1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI -2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
KI -3 Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI -4 Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
KOMPETENSI DASAR (KD)
3.1 Memahami prosedur gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1 Mempraktikkan gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.

INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK)
3.1.1 Menjelaskan prosedur gerak dasar lokomotor gerak dasar jalan
3.1.2 Menjelaskan prosedur gerak dasar lokomotor gerak dasar lari
3.1.3 Menjelaskan prosedur gerak dasar lokomotor gerak dasar lompat
3.1.4 Menjelaskan prosedur gerak dasar lokomotor gerak dasar loncat
3.1.5 Menjelaskan prosedur gerak dasar lokomotor gerak dasar berjingkat
3.1.6 Menjelaskan prosedur gerak dasar lokomotor gerak dasar berderap
3.1.7 Menjelaskan prosedur gerak dasar lokomotor gerak dasar skipping
3.1.8 Menjelaskan prosedur gerak dasar lokomotor gerak dasar slidding
4.1.1 Memperagakan gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional

C. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan menyimak informasi dan peragaan, peserta didik diharapkan dapat Menjelaskan prosedur gerak dasar lokomotor gerak dasar jalan, Menjelaskan prosedur gerak dasar lokomotor gerak dasar lari, Menjelaskan prosedur gerak dasar lokomotor gerak dasar lompat, Menjelaskan prosedur gerak dasar lokomotor gerak dasar loncat, Menjelaskan prosedur gerak dasar lokomotor gerak dasar berjingkat, Menjelaskan prosedur gerak dasar lokomotor gerak dasar berderap, Menjelaskan prosedur gerak dasar lokomotor gerak dasar skipping, Menjelaskan prosedur gerak dasar lokomotor gerak dasar slidding, Menjelaskan perpaduan konsep gerak, Memperagakan gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional, Dengan rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik

D. Materi Pembelajaran
1. Fakta:
• Gerakan lokomotor merupakan suatu gerakan yang ditandai dengan adanya perpindahan tempat, seperti jalan, lari, melompat, dan mengguling.

2. Konsep
• Gerakan lokomotor merupakan dasar bagi perkembangan koordinasi gerakan yang melibatkan otot-otot besar (gross-muscles), pertumbuhan otot, daya tahan dan stamina. Gerakan ini biasanya membuat anak merasa senang melakukannya.

3. Prinsip
• Gerakan lokomotor ini bisa dimodifikasi menjadi permainan anak sehingga tanpa disadari, siswa sedang melakukan gerak lokomotor, seperti berjalan, lari, dan mengguling. Tujuan dari dilakukannya gerakan dasar jalan dan berlari adalah meningkatkan kemampuan gerakan dasar yang banyak dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Guru dapat menerangkan dan memberi contoh yang benar mengenai teknik gerak dasar atletik jalan dan lari.

4. Prosedur
• Memperagakan gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional

E. Metode Pembelajaran
1. Inclusive (cakupan).
2. Demonstrasi.
3. Part and whole (bagian dan keseluruhan).
4. Resiprocal (timbal-balik).
5. Pendekatan Pembelajaran Kontekstual.
6. Pendekatan Scientific

F. Media,Alat dan Bahan Pembelajaran
1. LKS
2. White board
3. Spidol 
4. Media LCD projector, 
5. Laptop, 
6. Bahan Tayang (Slide power point)

G. Sumber Belajar
1. Buku Pegangan Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas 1 Kurikulum 2013
2. Buku Pegangan Siswa Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas 1 Kurikulum 2013
3. Modul/bahan ajar, 
4. Internet, 
5. Sumber lain yang relevan

H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup

I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan 
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan

b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
2) Portofolio / unjuk kerja
3) Produk, 

2. Instrumen Penilaian
• Terlampir

3. PembelajaranRemedial dan Pengayaan
a. Remedial
  • Remidial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
  • Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal).

b. Pengayaan
  • Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
  • Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
  • Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas

Untuk memndapatkan RPP PJOK (Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan) Kelas 1 SD/MI SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS) silahkan unduh filenya di bawah ini.

0 Response to "RPP PJOK (Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan) Kelas 1 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel